JENIS JENIS SISTEM OPERASI


Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya pada perangkat keras komputer serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data serta sumber daya lainnya. Sedangkakn fungsi perangkat keras seperti input, output dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagi perantara antara program aplikasi dan pernagkat keras komputer.

adapun jenis jenis sistem operasi adalah sebagai berikut

1. sistem operasi stand alone

Sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

2. sistem operasi jaringan

Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Yaitu setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

3. sistem operasi embedded

Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.