Hai sahabat koderpedia, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya telah membuat aplikasi baru. Aplikasi apakah itu ? Ya, sesuai dengan judul topik diatas, kali ini saya akan memberikan satu aplikasi saya, yaitu adalah aplikasi “Inventory”. Aplikasi ini yang pastinya gratis ya teman-teman, aplikasi ini saya bangun dengan kurun waktu 7 hari atau satu minggu. Ada beberapa aplikasi yang sudah saya buat , salah satunya adalah aplikasi inventory ini. Apasih sebenarnya aplikasi inventory itu ? , gunanya apa coba ?, oke mari kita kupas satu persatu kegunaan aplikasi ini.

baca juga :

Apasih aplikasi inventory ini ?


 Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan kita menyimpan sebuah produk, menghapus , dan mencetak laporan penjualan. Aplikasi ini hampir mirip dengan salah satu aplikasi yang telah saya posting sebelumnya, aplikasi itu adalah : aplikasi manajemen tokobuku.

 Aplikasi inventory ini sebenarnya adalah aplikasi toko versi sederhana yang telah saya kembangkan sewaktu saya manggang. Singkat cerita waktu itu saya magang di salah satu konsultan IT yang terdapat di pekanbaru, dan di tempat magang tersebut, setiap anak magang diwajibkan untuk membuat satu aplikasi sebagai syarat lulus dari tempat magang tersebut, dan saat itu saya terpikir untuk membuat sebuah toko online, dan selama 4 bulan lebih saya mengembangkan aplikasi toko tersebut, aplikasi toko telah selesai, tetapi belum optimal karena saat itu masih banyak tugas-tugas yang harus saya kerjakan. Kemungkinan aplikasi toko tersebut akan saya posting juga. Saat ini aplikasi toko tersebut masih dalam tahap pengoptimalan.

Teknologi apa yang digunakan untuk aplikasi inventory ini ?



Seperti biasa dalam pengembangan aplikasi saya menggunakan salah satu framework php (Codeigniter) sebagai backend / server side nya, dan menggunakan javascript (jQuery) dan menggunakan ajax sebagai penghubung antara client side dan server side. Dan juga dari beberapa referensi yang saya baca, bahwa saat kita menggunakan ajax maka aplikasi kita akan lebih optimal, kenapa bisa begitu ?, ya karena kita tidak perlu merefresh browser kita, untuk melihat event-event yang telah di lakukan oleh client. Tetapi walaupun seperti itu, AJAX juga memiliki beberapa kukurangan yaitu SEO pada web akan menurun.

gambar diatas adalah gambar halaman utama dari aplikasi inventory yang telah saya buat. Disitu terlihat satu grafik, fungsi dari grafik tersebut adalah sebagai grafik masuk dan terjualnya produk kita tiap bulannya ditahun ini. Grafik tersebut akan otomatis bertambah jika ada barang yang masuk atau terjual di database aplikasi inventory tersebut. Grafik warna biru adalah grafik yang menampilkan produk masuk , sedangkan grafik yang warna merah adalah grafik terjualnya produk kita.

Kalian bisa masuk ke menu utama , setelah kalian login terlebih dahulu , user untuk loginny adalah
user : admin
 pass : admin

sedangkan gambar yang kedua ini adalah gambar dari halaman barang , apasih guna halaman barang tersebut ? , nah sebenarnya jantung dari aplikasi inventory ini adalah menu barang ini, dimana pada menu tersebut kita dapat menambah, menghapus dan mengedit barang-barang yang telah kita tambah.

Dan juga disitu ada menu stok, lah apalagi guna menu stok itu ? Menu stok ini berfungsi sebagai penambah stok barang-barang yang telah habis , jadi saat stok barang telah habis, kita tidak perlu menambah ulang barang-barang kedalam database, cukup dengan mengetikkan ID atau nama barang kita sudah bisa menambahkan stok-stok barang yang ingin kita tambah.

Dan sebagai penutup disitu ada menu export. Menu export ini berfungsi sebagai pembuat laporan seluruh penjualan kita.

 Itulah tadi perkenalan tentang aplikasi inventory berbasis web. Terimakasih

Untuk mendapatkan aplikasi :