cara mengkolaborasikan html dan javascript

sering kita heran melihat website website besar yang memiliki animasi yang keren slide yang bagus dan banyak lagi, banyak orang awam seperti kita yang mengira itu adalah skrip html dan css, 

apa itu html ? dan apa itu css ? 

memang betul itu adalah dari html css, tetapi untuk menghias website tidak harus selalu menggunakan css, tetapi tidak semua animasi bisa di buat dengan css, karena itu ada bahasa pemprograman front end yang bernama javascript. 

apa itu bahasa front end ?

banyak website yang menggunakan javascript saat ini salah satunya blogger.

ada banyak cara untuk memanggil bahasa pemprograman javascript ini, cara pemanggilannya hampir sama dengan cara pemanggilan css,

bagaimana cara pemanggilan css ?

hanya saja skripnya agak berbeda, cara pemanggilannya ada dua metode yaitu dengan cara internal dan external, biasanya skrip javascript diletak di dalam tag header pada HTML.

1. metode pemanggilan internal

1
2
3
<script type="text/javascript">
    alert("hello world");
</script>

1. metode pemanggilan external

1
<script type="text/javascript" src="folder/file.js"></script>

cara pemanggilan external di javascript hampir sama dengan pemanggian internalnya, hanya saja di external kita harus menambahkan src setelah type, src ini berguna untuk memanggil file javascript yang terletak di dalam satu folder atau beda folder dari kodingan kita, seperti contoh di atas. terimakasih telah membaca artikel saya.