CARA MUDAH MENJALANKAN MYSQL DI CMD




apa itu cmd ? adalah sebuah perintah dos yang di gunakan di windows yang bisa di akses secara online maupun offline, untuk lebih jelasnya kita akan bahas di lain artikel karena kita sekarang hanya akan terfokus dengan bagaimana cara menjalankan mysql di cmd, nah mysql sendiri apasih ? mysql adalah sebuah perangkat lunak manajemen basis data SQL, bebasis data, berarti ada sangkut paut nya dengan database, mari langsung saja kita masuk dengan bagaimana cara menjalankannya di cmd.

langkah pertama
   kita harus menginstal service mysql sendiri, salah satu service yang saya gunakan adalah XAMPP, karena XAMPP ini adalah satu aplikasi yang memiliki banyak service di dalamnya, tetapi yang kita gunakan hanyalah service mysql saja.

langkah kedua
   buka CMD sobat dan mulailah masuk kedalam XAMPP/mysql/bin, 

karena saya menyimpan app XAMPP nya di localdisk D, maka saya harus masuk ke local d terlebih dahulu, setelah itu baru masuk ke folder app/XAMPP/mysql/bin dengan menggunakan perintah CD atau change direktori, setelah itu kita bisa masuk ke mysql, dengan mengetikkan mysql.exe jika ini kita hanya dapat login sebagai guest, jika ingin administrator kita ketikkan mysql -u root -p setelah itu login dan masukkan password (jika mempunyai password).

sampai disini kita telah berhasil masuk kedalam database mysql kita. terimakasih telah berkunjung